Kalkulator conversion rate

Masukkan jumlah pengunjung (atau sesi, klik) dan jumlah konversi untuk menghitung conversion rate. Jika Anda juga mengisi pendapatan, kalkulator menampilkan rata-rata nilai pesanan dan pendapatan per pengunjung. Sebaliknya, Anda juga bisa menghitung berapa traffic yang dibutuhkan untuk target konversi.

atau klik maupun interaksi iklan – sesuai dasar perhitungan rate Anda
mis. pesanan, pendaftaran, formulir kontak
Rp
Input Anda hanya disimpan di browser ini.

Hasil

Conversion rate
1,5%
Rata-rata nilai pesanan
Rp 750.000
Pendapatan per pengunjung
Rp 11.250

Cara menghitung

Rumus conversion rate

Conversion rate = konversi ÷ pengunjung × 100. Google Ads mendefinisikannya sebagai jumlah konversi dibagi jumlah interaksi iklan pada periode yang sama: 50 konversi dari 1.000 interaksi berarti 5%. Amazon Ads menghitung dengan cara yang sama, dengan jumlah orang yang dijangkau sebagai pembagi.

Contoh: sebuah toko online memiliki 4.000 pengunjung dan 60 pesanan per bulan. Conversion rate = 60 ÷ 4.000 = 1,5%.

Apa yang dihitung sebagai pengunjung dan konversi?

Angka ini hanya sebaik dasar perhitungannya. Tentukan apakah Anda menghitung pengguna, sesi, atau klik – rate berbasis sesi lebih rendah daripada berbasis pengguna, karena satu pengguna bisa punya beberapa sesi. Konversi bisa berupa pembelian, tetapi juga pendaftaran newsletter atau permintaan kontak. Jika beberapa jenis konversi dijumlahkan, rate bahkan bisa melebihi 100%.

Nilai pesanan dan pendapatan per pengunjung

Pendapatan per pengunjung menunjukkan berapa nilai rata-rata satu pengunjung tambahan – artinya, tanpa memperhitungkan margin dan biaya iklan, berapa maksimal harga satu klik.

Berapa pengunjung yang saya butuhkan?

Pengunjung yang dibutuhkan = target konversi ÷ conversion rate. Dengan rate 2%, 100 pesanan membutuhkan 100 ÷ 0,02 = 5.000 pengunjung; dengan 1,5% dibutuhkan 6.666,67, dibulatkan ke atas menjadi 6.667. Gunakan rate dari data Anda sendiri – conversion rate sangat berbeda menurut industri, harga, sumber traffic, dan perangkat.

Pertanyaan umum

Bagaimana cara menghitung conversion rate?

Bagi jumlah konversi dengan jumlah pengunjung, lalu kalikan 100. 60 pesanan dari 4.000 pengunjung berarti 1,5%.

Apa itu conversion rate?

Persentase pengunjung (sesi, klik) yang melakukan tindakan yang diinginkan – misalnya membeli, mendaftar newsletter, atau mengirim formulir kontak.

Bagaimana menghitung conversion rate di Excel?

Jika konversi ada di A2 dan pengunjung di B2, rumusnya =A2/B2; lalu format sel sebagai persentase.

Berapa conversion rate yang bagus?

Tidak ada angka universal; tergantung industri, harga, sumber traffic, dan apa yang dihitung sebagai konversi. Perbandingan terbaik adalah dengan periode Anda sebelumnya dan antar-channel Anda sendiri.

Bisakah conversion rate lebih dari 100%?

Bisa, jika satu pengunjung dapat berkonversi lebih dari sekali atau beberapa jenis konversi dihitung. Bantuan Google Ads menyebutkan secara eksplisit bahwa rate di atas 100% mungkin terjadi.

Berapa pengunjung yang dibutuhkan untuk 100 penjualan?

Bagi 100 dengan conversion rate Anda dalam bentuk desimal: pada 2% dibutuhkan 5.000, pada 1% dibutuhkan 10.000 pengunjung.

Sumber dan dasar hukum

Diperbarui:

Alat terkait